Kamis, 08 Desember 2016

Cara memperbaiki Laptop Tiba-tiba Mati Total Tidak dapat Dihidupkan

Laptop yg dirancang khusus supaya mudah dibawa kemana-mana, tentunya lebih menguntungkan jk dibandingkan dg komputer desktop. Semenjak perangkat ini muncul, seolah ia hampir sanggup menghipnotis banyak orang untuk mengesampingkan komputer desktop yg cukup sulit dibawa kemana-mana. Memang benar, selain mudah dibawa karena bentuknya yg lebih kecil, bobotnyapun juga lebih ringan.



Namun kamu juga harus tau, bahwa mobilitas yg tinggi, membuat perangkat ini lebih cepat mengalami kerusakan. dg berbagai guncangan, tekanan serta gesekan yg mungkin terjadi saat dibawa, akan lebih memperparah kerusakan pada laptop kamu.
Baca juga : service komputer bekasi
Masalah yg paling umum terjadi adalah laptop tiba-tiba mati total & tidak dapat dihidupkan lagi. jk problem ini terjadi, alangkah baiknya jk kamu mencoba untuk memperbaikinya sendiri, tanpa harus merepotkan orang lain.

Cara memperbaiki laptop tiba-tiba mati total tidak dapat dihidupkan

1. Cabut & Pasang Kembali Baterai Laptop kamu

Pada tahap awal, cobalah untuk copot baterai laptop kamu, lalu pasang kembali. Setelah terpasang, cobalah untuk menghidupkan laptop kamu. Biasanya hanya dg cara ini laptop dapat dihidupkan kembali tanpa a&ya proses tambahan.

2. Hidupkan laptop menggunakan charger tanpa baterai

jk langkah pertama belum juga berhasil, cobalah untuk menghidupkan laptop kamu hanya dg charger langsung, tanpa memasang baterai. Cara ini dimaksudkan untuk mengetahui apakah baterai mengalami corsleting atau tidak. Sebab, saya pernah mendapatkan beberapa kasus ternyata baterailah yg menyebabkan laptop tidak dapat dihidupkan. Setelah dicabut, biasanya laptop dapat dihidupkan jk memang benar baterai tersebut mengalami corsleting.

3. Cabut memory & pasang kembali

Selanjutnya cabutlah memory kamu, bersihkan memory tersebut & pasang kembali. lalu cobalah untuk menghidupkan laptop kamu yg mati tersebut. jk belum ada respon sama sekali, cobalah hidupkan laptop kamu tanpa memory & lihat apa yg terjadi. jk berbunyi beep panjang, matikan laptop & pasang kembali memorinya, lalu hidupkan kembali laptop tersebut. Sebab, banyak masalah mati total terjadi akibat memory yg kotor & rusak. Oleh karena itu coba dulu cara tersebut. Untuk tambahan, silahkan baca memperbaiki memory laptop rusak.

4. Ganti processor

Coba gantilah processor laptop kamu dg yg sejenis, lalu lakukanlah pengetesan. jk laptop kamu dapat dihidupkan, berarti processorlah yg mengalami kerusakan.

5. Bongkar & bersihkan laptop

Pada tahap ini sepertinya sedikit lebih rumit, karena dibutuhkan sedikit pengetahuan tentang bongkar-membongkar. Nah, yg kamu harus lakukan adalah membongkar laptop kamu, copot komponen-komponen yg dapat dicabut seperti hard disk, memory, DVD drive, processor, wifi card & lain-lain. Setelah itu bersihkanlah semuanya menggunakan kuas.

Membersihkan komputer & laptop dari debu sangatlah penting. Karena debu yg menumpuk pasti akan mengganggu perangkat di dalam casing komputer atau laptop itu sendiri. So, saatnya bersih-bersih.

Langkah berikut lakukanlah pengetesan, tapi tidak usah dipasang utuh ya, cukup lakukan tes diluar casing saja. Lalu apa yg terjadi?

jk belum berhasil juga, cobalah hidupkan laptop hanya dg processor & memory saja, cabut semua komponen seperti DVD drive, hard disk, wifi card & lain-lain. Ini juga untuk melihat apakah ada diantara komponen-komponen tersebut yg mengalami corsleting. Sebab banyak kasus laptop mati total akibat a&ya korsleting di beberapa komponen tersebut. Sehingga, jk terpasang di mainboard akan menyebabkan laptop tidak dapat dihidupkan.

Namun, jk langkah demi langkah diatas belum ada yg berhasil, dapat dipastikan terjadi kerusakan pada bagian mainboard, entah biosnya rusak atau chipset mainboard tersebut yg rusak. Untuk masalah ini kamu harus membawa laptop kamu ke tempat spesialis reparasi mainboad.

Para pembaca, demikianlah tulisan saya tentang Cara memperbaiki laptop tiba-tiba mati total tidak dapat dihidupkan lagi. jk cara diatas kurang lengkap, saya sungguh senang jk kamu berkenan menambahkan melalui komentar dibawah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar